INFLASI, PENGANGURAN DAN KETIMPANGAN NERACA

1 10 2009

Inflasi  (Inflation)

Inflasi adalah kenaikan harga barang-barang yang bersifat umum dan terus-menerus. Tiga komponen yang menyatakan terlah terjadi inflasi:

  • Kenaikan harga

Harga suatu komoditas dikatakan naik jika harga tersebut lebih tinggi dari harga periode sebelumnya.  Perbandingan harga bisa dilakukan berdasarkan patokan musim. Misalnya nmusim paceklik, harga beras bias mencapai Rp 3.000,00 per kilogram. Sebab harga gabah naik. Tetapi di musim panen, harganya dapat lebih murah, karena harga gabah juga biasanya lebih murah. Dengan demikian, dapat dikatakan pada musim paceklik selalu terjadi kenaikan harga beras.

  • Bersifat umum

Kenaikan harga suatu komoditas belum dikatakan inflasi jika kenaikan tersebut tidak menyebabkan harga barang secara umum naik.

  • Berlangsung terus-menerus

Kenaikan harga yang bersifat umum juga belum memunculkan inflasi, jika terjadinya hanya sesaat. Karena itu perhitungan inflasi dilakukan dengan rentang waktu minimal bulanan. Sebab dalam sebulan akan telihat apakah kenaikan harga bersifat umum dan terus-menerus.

PENYEBAB TERJADINYA INFLASI

  • Inflasi Tekanan permintaan (Demand-Pull Inflation)

Inflasi tekanan permintaan (demand-pull inflation) adalah inflasi yang terjadi karena dominasinya tekanan permintaan agregat.

demand-pull inflation

demand-pull inflation

pada diagram di atas, tekanan permintaan digambarkan dengan bergesernya kurva AD0 ke AD1.  Tekanan permintaan menyebabkan output perekonomian bertambah, tetapi disertai inflasi, dilihat dari makin tingginya tingkat harga umum. dalam inflasi tekanan permintaan, tidak selalu berarti penawaran (AS0) tidak bertambah. kalaupun terjadi penambahan penawaran agregat, jumlahnya lebih kecil dibanding peningkatan permintaan agregat.

  • Inflasi Dorongan Biaya (Cost-Push Infaltion)

inflasi dorongan biaya (cost-push Inflation) terjadi karena kenaikan biaya produksi. Biasanya menyebabkan penawaran agregat berkurang.

Cost-Push Inflation

Cost-Push Inflation

Penganguran (Unemployment)

menganggur itu tidak sama dengan tidak bekerja ataupun tidak mau bekerja. Orang yang tidak mau bekerja tidak dapat dikataka sebagai pengangguran. sebab mungkin saja jika dia ingin bekerja tau mencari pekerjaan, ia akan mendapatkannya.  Biasanya yang tidak mau bekerja itu karena ia memang sudah kaya. Misalnya ia mempunyai tabungan sebesat Rp 10 miliar. Jika bunga deposito setelah dipotong pajak sebesar 1%, maka pendapatan ia per bulan sudah mencapai Rp 100 juta per bulan. hal itu sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Alasan lain mungkin karena mereka mau menuntut ilmu terlebih dahulu, atau untuk kaum ibu-ibu, mereka ingin mengasuh anaknya.

Ketimpangan Neraca

ketimpangan neraca terjadi pada saat posisi perdagangan antara dua negara yang tidak seimbang. Kondisi ini terjadi pada saat kegiatan ekspor-impor antar kedua negara tidak seimbang. misalnya antara negara maju dan negara berkembang. negara berkembang akan cenderung melakukan impor dibandingkan ekspor, sedangkan negara maju lebih cenderung melakukan impor. sehingga jika terjadi hubungan perdaganga antara negara maju dan berkembang, maka akan terjadi ketimpangan neraca dimana transaksi debit dan kreditnya tidak seimbang.

Transaksi dalam neraca pembayaran dapat dibedakan dalam dua macam transaksi.

  1. Transaksi debit, yaitu transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari dalam negeri ke luar negeri. Transaksi ini disebut transaksi negatif (-), yaitu transaksi yang menyebabkan berkurangnya posisi cadangan devisa.
  2. Transaksi kredit adalah transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari luar negeri ke dalam negeri. Transaksi ini disebut juga transaksi positif (+), yaitu transaksi yang menyebabkan bertambahnya posisi cadangan devisa negara.

http://id.wikipedia.org/wiki/Neraca_pembayaran

rahardja, pratama. dan mandala manurung. teori ekonomi makro suatu pengantar. jakarta: fakultas ekonomi universitas indonesia. 2008


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: