MASALAH JANGKA PANJANG ATAU MASALAH PERTUMBUHAN

7 10 2009

PERTUMBUHAN PENDUDUK

Jumlah penduduk di Indonesia kian hari kian meningkat dengan tajam. Hal tersebut dapat dilihat dalam Annual Rate of Growth by Province (1971, 1980, 1990, 2000) dan supas 2005. Jika saya pergi ke suatu tempat perbelanjaan ataupun tempatĀ  publik lainya, pasti saya akan menemukan banyak sekali balita. Kalau dahulu, saya mungkin hanya akan menemukan beberapa balita saja, tapi kalau sekarang, jumlah balita hampir setengah pengunjung mall atau tempat publik lainnya. mengapa hal itu bisa terjadi????

Saya akan mengambil contoh pertumbuhan penduduk di kota tempat saya tinggal, yaitu Kota Depok. Statististik pertumbuhan penduduk Kota Depok, 2004-2008 (laki-laki+perempuan), menunjukkan bahwa pertumbuhan penduduk di kota depok kian meningkat. Mengapa hal ini dapat terjadi?? Salah satu penyebabnya adalah pendidikan. Jika saya perhatikan, keluarga dari kaum bawah lebih banyak memiliki anak jika dibandingkan kaum menengah ke atas. Hal ini terjadi karena mereka kurang memiliki pengetahuan mengenai dampak yang yang harus mereka tanggung jika mereka memiliki anak tanpa perencanaan financial yang matang. Mereka seolah senang membuat anak, tetapi tidak bertanggung jawab atas nasib anaknya dikemudian hari. Pemikiran banyak anak, banyak rejeki ini pun menjadi salah kaprah. Padahal jika kita mempunyai banyak anak tanpa didukung kekuatan financial yang kuat, maka hal tersebut hanya menyiksa sang anak saja. Hak mereka atas pendidikan pun kadang terenggut karena sang orang tua ridak mampu membiayai sekolahnya. Dengan tidak sekolahnya mereka, maka kualitas SDM negara ini pun menjadi kurang baik yang kemudian akan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian negara kita. Menurut Thomas Albert Malthus, pertambahan jumlah penduduk seperti jumlah deret ukur (1, 2, 4, 8, 16, …), sedangkan pertambahan jumlah produksi halaman seperti deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, …). Hal ini dapat mengkhawatirkan untuk masa di akan datang. Kita bisa kekurang stock makanan seiring dengan pertumbuhan pendudk yang tak terkendali. Hal ini menjadi masalah jangka panjang bagi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian kita harus meningkatkan kesadaran dan pendidikan masyarakat akan bahayanya pertumbuhan penduduk yang tak terkendali.

PERTAMBAHAN KAPASITAS PRODUKSI

Pertumbuhan penduduk yang tak terkendali akan mempengaruhi kapasitas produksi yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Semakin tinggi laju pertumbuhan penduduk suat negara, semakin banyak pula pertambahan kapasitas produksi yang harus dilakukan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini menjadi masalah jangka panjang yang serius karena kebutuhan masyarakat akan suatu barang akan terus meningkat sedang jumlah sumber daya yang dimilki bumi terbatas. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam mengelola sumber daya yang ada, misalnya dengan cara menyubsitusi penggunaan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dengan sumber daya yang dapat diperbaharui atau dengan melakukan manajemen tentang penggunaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan kita di masa yang akan datang, sehingga kita pun tidak akan kehabisan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Kita juga bisa lakukan dengan cara menekan tingkat pertumbuhan masyarakat, sehingga kebutuhan akan suatu barang pun akan berkurang.

KETERSEDIAAN DANA INVESTASI

Perhitungan investasi haruslah konsisten dengan perhitungan pendapatan nasional. Yang dimaksudkan dengan perhitungan investasi adalah barang modal, bangunan atau konstruksi, maupun persediaan barang jadi yang masih baru. Investasi sangat memepengaruhi jumlah barang modal yang tersedia pada suatu periode tertentu. Oleh karena itu, ketersediaan dana investasi sangatlah penting bagi suatu negara. Karena perhitungan investasi berkaitan dengan pendapatan nasional, maka masalah jangka panjang yang telah dibahas sebelumnya akan mempengaruhi ketersediaan dana investasi. Pada saat terjadi peledakan jumlah penduduk, tunas-tunas baru bangsa yang berasal dari kaum bawah, umumnya tidak mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga mengurangi kualitas sumber daya manusia negara ini. Dengan berkurangnya kualitas sumber daya manusia ini, pertumbuhan perekonomian kita pun menjadi terhambat. Pengangguran di mana-mana akibat terbatasnya lapangan pekerjaan. Hal tersebut akan mengurangi pendapatan nasional negara kita, dan secara otomatis akan mengurangi ketersediaan dana untuk investasi. Hal tersebut dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu negara karena berkurangnya modal yang tersedia, sehingga pendapatan pemerintah pun berkurang.

Dari masalah-masalah jangka panjang tersebut dapat dikatakan bahwa kesadaran masyarakat akan masalah pertumbuhan sangatlah mempengaruhi pertumbuhan suatu negara…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: