The Social Cost of Foreign Exchange Reserves by Dani Rodrik

12 11 2009

Tema:

Globalisasi Keuangan Negara-negara Berkembang

Masalah:

Pada masa krisis keuangan Asia, negara-negara berkembang tidak bisa mengandalkan International Moneter Fund (IMF) atau pun “international financial architecture” untuk melindungi negara mereka dari krisis. Negara juga tidak cukup bergantung pada kebijakan ekonomi makro saja, karena bahkan dikelola dengan baik, negara-negara tersebut juga dapat terkena ‘penyakit menular’ dari negara tetangga.

Tujuan:

  • Mendokumentasikan kenaikan pesat  cadangan devisa suatu negara yang dilakukan  dengan cara mengembangkan negara dan menyajikan beberapa perhitungan biaya social cadangan ini.
  • Mendiskusikan optimalisasi kebijakan devisa reserves saat ini.

Metodologi:

  • Sampel dan data: krisis di Amerika Latin dan data peningkatan drastis cadangan devisa di negara-negara berkembang
  • Model penelitian: model penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif . Model penelitian ini mempelajari masalah dalam masyarakat, tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi, sikap, pandangan, proses yang sedang berlangsung, pengaruh dari suatu fenomena; pengukuran yang cermat tentang fenomena dalam masyarakat. Peneliti mengembangkan konsep, menghimpun fakta, tapi tidak menguji hipotesis

Analisis:

Globalisasi mengacu pada peningkatan pergerakan barang, jasa, dan modal lintas batas negara. Globalisasi dianggap sebagai suatu proses yang berkelanjutan dan saling terkait antar peristiwa  yang satu dengan peristiwa lainnya.

Faktor-faktor yang mengendalikan percepatan globalisasi:

  • Perbaikan komunikas
  • Perbaikan sistem transportasi
  • Peningkatan perusahaan-perusahaan besar transnasional
  • Perbaikan kondisi social dan politik
  • Peningkatan keuangan internasionl dan institusi perdagangan
    • The World Bank: meminjamkan dana kepada anggotanya untuk membuat jalan, dam, dan infrastruktur lainnya demi erkembangan ekonomi negara tersebut.
    • International Monetary Fund: bertujuan untuk membuat pertukaran mata uang lebih mudah bagi negara-negara anggotanya, sehingga negara-negara tersebut  dapat berpartisipasi dalam perdagangan global. IMF juga dapat meminjamkan devisa kepada para anggotanya.
    • World Trade Organization: badan internasional yang membangun peraturan ar untuk perdagangan di seluruh dunia.

Negara-negara yang memiliki tingkat asset asing lebih likuid merupakan negara-negara yang lebih dapat bertahan terhadap kepanikan di pasar keuangan dan pembalikan modal secara tiba-tiba.

Likuiditas dicapai dengan 3 stategi: mengurangi hutang jangka pendek, mnciptakan fasilitas kredit yang dijamin, dan meningkatkan cadangan devisa Central Bank

Tiga konsekuansi yang perlu dicatat:

  • Pertama, penerapan Guidotti-Greenspan-aturan IMF menyiratkan bahwa meskipun proses dimulai dengan meminjam dari luar negeri, perekonomian dalam negeri berakhir  tanpa transfer sumber daya bersih dari luar negeri.
  • Kedua, pinjaman jangka pendek  luar negeri tidak meningkatkan  kapasitas keseluruhan sector swasta untuk berinvestasi
  • Ketiga, aggregating the domestic private and public balance sheets, the net effect is that economy has borrowed short-term abroad (at the domestic private sector’s cost of foreign borrowing) and has invested the proceeds in short-term foreign assets.

Kesimpulan:

Implikasi dari analisis ini adalah bahwa negara-negara berkembang telah merespon  globalisasi keuangan yang sangat tidak seimbang dan jauh dari optimal. Mereka kebanyakan berinvestasi dalam strategi akumulasi cadangan yang merugikan dan kurang investasi pada kebijakan menejemen akun modal yang digunakan untuk mengurangi kewajiban jangka pendek. Tidak seperti akumulasi cadangan, control atas pinjaman jangka pendek merugikan kepentingan keuangan yang kuat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Institusi keuangan internasional telah melakukan sedikit pekerjaan pada teknik –teknik manajemen akun modal dan sudah tidak menganjurkan teknik-teknik tersebut.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: